Menggabungkan Beberapa File

Jika pada artikel-artikel sebelumnya kita hanya bekerja dengan 1 file saja, kali ini kita akan coba belajar bagaimana bekerja dengan beberapa file. Bagaimanapun, saat anda membangun sebuah script yang rumit, memecah script menjadi beberapa bagian sangatlah membantu anda mengorganisir script anda.

Ada 2 fungsi yang bisa kita pakai untuk bekerja dengan beberapa file yaitu include dan include_once. Mari kita coba pelajari keduanya.

INCLUDE

Perintah include kita pakai untuk memanggil file lain untuk dieksekusi di file pemanggilnya. Seperti biasa, kita buat contoh aja yuk. Pertama kita buat file yang akan dipanggil, sebut saja namanya data.php. Isinya seperti ini:

<?php
$anak = array(
   array(nama =>'Bejo', alamat => 'Surabaya', hp => '7837487397493'),
   array(nama =>'Paijo', alamat => 'Malang', hp => '0897483743434'),
   array(nama =>'Panjul', alamat => 'Jakarta', hp => '3435364364645'),
   array(nama =>'Pinah', alamat => 'Medan', hp => '65464565646'),
   array(nama =>'Mintul', alamat => 'Samarinda', hp => '045264743775')
   );
?>

Yup, itu adalah array dari pelajaran kita sebelumnya.. hehehe.. Oke, kemudian di file kedua, kita sebut saja namanya list.php kita buat seperti ini:

<?php
include('data.php');
foreach ($anak as $item) {
   echo 'Nama: '.$item[nama]. 'Alamat: '.$item[alamat].' HP: '.$item[hp].'<br/>';
}
?>

Jika kita menjalankan list.php maka kita akan mendapatkan hasil yang persis seperti artikel sebelumnya. Bedanya dengan cara ini, kita bisa memanfaatkan data.php untuk file-file lain. Sehingga jika suatu saat data-nya perlu dirubah, kita hanya perlu mengubah file data.php saja dan efeknya akan dipakai di semua file yang mengandung include data.php

Saya sendiri lebih sering memakai ini untuk memasukkan header dan footer suatu web sehingga saya cuma perlu memanggilnya saja untuk page-page baru yang lain.

INCLUDE_ONCE

Seperti namanya, ini persis sebagaimana fungsi include. Tapi include_once kita pakai untuk memanggil file hanya sekali saja. Dengan cara ini, kita bisa mencegah file terpanggil lebih dari sekali. Biasanya kita pakai include_once untuk memanggil file yang mengandung fungsi-fungsi yang kita bangun sendiri atau memanggil file yang berisi koneksi ke database.

Sudah cukup mudah dipahami kan? Selamat mencoba sendiri

35 thoughts on “Menggabungkan Beberapa File

  1. Pertamax…hehehe…

    Fungsi include selama ini saya terapkan untuk memanggil kode-kode iklan pada website πŸ˜€

    Klo include_once, belum pernah nyoba tuh mas. Praktek dlu ah…saatnya buka XAMPP, hehehe…

  2. kk… numpang nanya dong.. kan saya ada 2 file php. yang satu tampil.php n simpan.php… saya mau gabungin 2 file tersebut jadi 1 file aja.. help me dong. ^_^ d file tampil.php saya kasi method action = “simpan.php”
    maklum masi newbie kk

  3. aq bru bljr mo bkin web, aplod tutorial bkin web dri awal donk..
    dri prtma ampe’ akhi jdix, d printsc tiap lngkhx..
    hehe, please aplod file gitu yah…..

  4. tambahan aja. juga bisa memakai require dan require_once. perbedaannya kalo include, jika file includenya tidak ada tidak akan kelihatan errornya. kalo require nanti akan kelihatan errornya.

    • wow that floral rangoli is lovely…i loved the color combo…And that food looks yummy…You know I alwaye feel that festivals are special and even if we can do a little traditional thing it becomes all the more better….And u did all this in such a short time and in ur present het#3h&l82t0;wow!!!!Belaaed Onam wishes my dear

  5. mat malam bro……..
    bro saya mau tanya nih….
    gimana caranya kita bisa mengambung file ke content website kita????
    tolong di beri jawaban yah. karena saya sangat membutuhkan nih…..

  6. dari dulu susah bgt buat belajar web k
    susah banget ngegabunungin semua listing buat jadi 1 nda ngerti caranya k jadi tolong di share iia k
    tqyu kk

  7. Anda telah membuat masakan yang lezat, bergizi dan siap saji. Anda telah mengelola ikan sepat, ikan gabus dan ikan lele sekaligus … lebih cepat, lebih bagus dan tidak bertele-tele… he he he juga. Terima kasih infonya …

  8. terima kasih telah berbagi ilmu…,
    sangat bermanfaat sekali bagi yang ingin belajar membuat website seperti saya, tapi saya masih bingung langkah awalnya itu gimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *